1. Cara mengembangkan ide kewirausahaan dengan cara melakukan inovasi, berkreasi semaksimal mungkin, berani mengambil resiko, mencoba hal baru dan merubah tantangan yang ada menjadi suatu peluang yang dapat dimanfaatkan untuk berwirausaha,
2.
Tahun 1976, Steve Jobs, Steve Wozniak dan Ronald Wayne,
dengan pendanaan dari manajer pemasaran produk dan teknisi semi-pensiun Intel A.C.
"Mike" Markkula Jr., mendirikan Apple. Sebelum mendirikan Apple
bersama-sama, Wozniak adalah peretas barang elektronik. Jobs dan Wozniak telah
berteman selama bertahun-tahun, bertemu tahun 1971 ketika teman mereka, Bill
Fernandez, memperkenalkan Wozniak yang berusia 21 tahun kepada Jobs yang berusia
16 tahun. Steve Jobs berusaha membuat Wozniak tertarik merakit komputer dan
menjualnya. Ketika Apple terus meluas, perusahaan mulai mencari eksekutif
berpengalaman untuk membantu mengelola ekspansinya.
Tahun 1978, Apple merekrut Mike Scott dari National
Semiconductor untuk menjabat sebagai CEO yang berujung pada tahun-tahun kelam.
Tahun 1983, Steve Jobs berhasil memancing John Sculley keluar dari Pepsi-Cola
untuk menjabat sebagai CEO Apple dengan menanyakan, "Apakah kau mau
menjual air gula sepanjang hidupmu, atau kau mau bekerja bersamaku dan mengubah
dunia?" Pada tahun berikutnya, Apple menyiarkan iklan televisi Super Bowl
berjudul "1984". Pada pertemuan pemegang saham tahunan Apple tanggal
24 Januari 1984, Jobs yang emosional memperkenalkan Macintosh kepada hadirin
yang sangat antusias; Andy Hertzfeld menggambarkan suasana tersebut sebagai
"pandemonium." Macintosh menjadi komputer kecil pertama yang sukses
secara komersial dengan antarmuka pengguna grafis. Pengembangan Mac dimulai
oleh Jef Raskin, dan diambil alih oleh Jobs.
3.
Sumber-sumber potensial
peluang terdiri dari 2 sumber, yaitu sumber eksternal dan sumber
internal. Sumber internal dapat berasal dari Manajemen Pemasaran, Manajemen
Keuangan, Manajemen Operasional, dan Manajemen SDM. Sedangkan sumber eksternal
dapat dibagi 2 lagi yaitu eksternal mikro yaitu competitor, customer, distribution
channel, center (supplier). Dan sumber eksternal makro yaitu ilmu pengetahuan,
teknologi, social, ekonomi, demografi, politik, social dan budaya, dan alam.
4.
Bekal
pengetahuan bidang usaha yang dimasuki dan lingkungan usaha yang ada
disekitarnya.
-
Bekal pengetahuan tentang peran dan
tanggung jawab.
-
Pengetahuan tentang kepribadian dan
kemampuan diri.
-
Pengetahuan tentang manajemen dan
organisasi bisnis.
-
Pengetahuan tentang siapa konsumennya.
Beberapa
keterampilan yang perlu dimiliki itu di antaranya:
a.
Keterampilan konseptual dalam mengatur
strategi dan memperhitungkan risiko
b. Keterampilan
kreatif dalam menciptakan nilai tambah
c. Keterampilan
dalam memimpin dan mengelola
d. Keterampilan
berkomunikasi dan berinteraksiKeterampilan teknik dalam bidang usaha yang
dilakukan
5.
Penyaringan
ide usaha dengan cara :
-
Menciptakan produk yang berbeda
-
Mengamati pintu peluang
-
Analisis produk dan proses produksi secara
mendalam
-
Menaksir biaya awal
-
Memperhitungkan resiko yang mungkin terjadi
6.
Penyebab
kegagalan dalam memilih peluang bisnis baru :
-
Tidak
ada rencana bisnis yang memadai
-
Ketidaksiapan
seseorang menghadapi dunia bisnis
-
Mengabaikan
kebutuhan financial
-
Pemahaman
kebutuhan teknis yang tidak memadai
-
Kurang
diferensiasi produk
-
Kurang
bisa membaca pasar
7.
Untuk tugas kewirausahaan semester ini, saya
beserta kelompok akan mencoba memasarkan produk fashion seperti kaos (t-shirt)
dan baju wanita yang sedang in
akhir-akhir ini. Diferensiasi utama dari produk yang kami miliki adalah kami
mendapatkan produk langsung dari produsen dari luar untuk baju wanita dan
membuat kaos pria dengan menggunakan design dari kami sehingga produk kami
berbeda dari produk pesaing yang sejenis.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar